Langsung ke konten utama

TUKANG LAS PANGGILAN JOGJA , BANTUL, SLEMAN, KULON PROGO, GUNUNG KIDUL, DAN SEKITARNYA (0877-3960-0999)

  TUKANG LAS PANGGILAN JOGJA , BANTUL, SLEMAN, KULON PROGO, GUNUNG KIDUL, DAN SEKITARNYA  Kami siap datang ke tempat Anda untuk SURVEI LOKASI dan menjelaskan serta konsultasi GRATIS.Silahkan untuk mengirim permintaan SURVEI LOKASI pada kolom yang sudah tersedia atau menghubungi kami melalui Telp/WA:   0877-3960-0999 Kami siap datang ke tempat Anda untuk SURVEI LOKASI dan menjelaskan serta konsultasi GRATIS. Silahkan  menghubungi kami melalui Telp/WA:   0877-3960-0999 

Skenario pembelajaran



  Skenario pembelajaran
a.       Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru memberikan salam kepada peserta didik
2.      Ketua kelas diminta untuk memimpin doa sebelum belajar
3.      Guru mengecek kehadiran siswa, dengan melakukan presensi
4.      Guru memberikan appersepsi kepada peserta didik dengan  menunjukkan peta indonesia yang dilengkapi persebaran potensi sumber daya alam, peta batas laut kemaritiman indonesia  dan  grafik jumlah penduduk  serta diagram persebaran penduduk indonesia
5.      Guru memberikan motivasi untuk peserta didik berupa cerita bahwa merusak lingkungan itu hal yang tidak baik.
6.      Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai siswa dari materi potensi SDA, Kemaritiman, Dinamika Kependudukan dan Distribusinya.
7.      Guru menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa pada materi pembelajaran

b.      Kegiatan inti (50 menit)
1.      Mengamati
a)      Guru  menjelaskan materi tentang sumber daya alam dan kemaritiman di indonesia
b)      Guru menjelaskan tentang dinamika kependudukan di indonesia dan distribusinya
c)      Peserta didik  diminta untuk membentuk kelompok  yang beranggotakan 4 – 5 orang
d)     Peserta didik diminta untuk mengamati peta indonesia yang dilengkapai dengan keterangan persebaran  potensi sumber daya alam yang ada pada provinsi – provinsi  di indonesia dan grafik dinamika kependudukan di indonesia
e)      Peserta didik mengamati gambar di bawah ini sesuai dengan tema yang telah ditentukan

Gambar 1.1 peta persebaran potensi sumber daya alam  indonesia

Gambar 1.2 peta batas laut kemaritiman indonesia dengan 10 negara tetangga

Gambar 1.3 grafik jumlah penduduk indonesia dari tahun 1930 - 2010
 
Gambar 1.4 diagram  persebaran penduduk indonesia




2.      Menanya
a)      Peserta didik diminta untuk mendiskusikan hal – hal apa saja yang dapat diamati dari gambar dan merumuskan beberapa pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati
b)      Diharapkan peserta didik bertanya lebih mendalam tentang gambar yang diamati dalam kelompok

3.      Mengumpulkan data/informasi
a)      Untuk menjawab pertanyaan yang didapatkan dari hasil pengamatan tersebut, peserta didik diminta untuk mencari jawabannya, dengan bantuan beberapa sumber (seperti: buku dan  internet)
b)      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan jawaban yang telah didapatkannya (15 menit)

4.      Mengasosiasi/menalar
a)      Guru  merangsang peserta didik agar dapat berpikir kritis terhadap persoalan yang tengah didiskusikan dalam satu kelompok
b)      Guru menumbuhkan keberanian peserta didik agar peserta didik dapat menjelaskan serta memberikan argumentasi yang meyakinkan
c)      Guru membimbing agar peserta didik dapat menyimpulkan apa yang telah didiskusikan dalam satu kelompok
d)     Peserta didik diminta untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut di selembar kertas kemudian dikumpulkan kepada guru

5.      Mengomunikasikan
a)      Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan/memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
b)      Guru meminta kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan atau tanggapan tentang materi yang dipresentasikan
c)      Kelompok penyaji diminta untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan dari teman – temannya, berdasarkan dengan kemampuan dan pemahaman yang dimiliki

c.       Kegiatan penutup (20 menit)
1.      Peserta didik diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan ditulis di selembar kertas kemudian dikumpulkan
2.      Guru memberikan evaluasi berupa kuis cepat, pertanyaan berebut
Contoh soal:
a.       Apa dampak positif dari SDA dalam kehidupan sehari – hari ?
b.      Apa saja faktor yang menyebabkan bertambahnya jumlah peduduk indonesia ?
c.       Bagaimana penduduk memanfaatkan adanya SDA yang ada disekitarnya ?
3.      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4.      Tindak lanjut, kelompok diberi tugas untuk membuat kreasi dari kertas, tentang materi yang telah didiskusikan tadi, sesuai dengan tema yang telah ditentukan
5.      peserta didik juga diingatkan untuk membaca materi pada subtema berikutnya
ketua kelas diminta untuk memimpin doa setelah belajar, kemudian guru memberi salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan dan Persiapan Rapat

Nama    : Nuraini Juliati NIM     : 14416241050 Prodi    : Pendidikan IPS/A Makul   : Dasar-dasar administrasi Perencanaan Dan Persiapan Rapat  Dalam rangka menyelenggarakan rapat, ada beberapa prinsip dasar yang dapat dijadikan pedoman atau pegangan dalam mempersiapkannya, yaitu sebagai berikut : Why? Mengapa rapat perlu diselenggarakan? Hal ini untuk menentukan urgensi dari rapat tersebut.   What? Apa masalah yang akan dibicarakan dalam rapat? Hal ini untuk mempersiapkan agenda rapat   Who? Siapa saja yang akan diundang dalam rapat tersebut? Hal ini untuk menentukan peserta rapat yang diundang   Where? Di mana rapat akan diselenggarakan? Hal ini untuk menentukan tempat penyelenggaraan rapat.   When? Kapan rapat akan diselenggarakan? Hal ini untuk menentukan hari, tanggal dan waktu rapat akan diselenggarakan   How? Bagaimana rapat akan diselenggarakan ? hal ini untuk menentukan apakah rapa...

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL A.     Mesin Bensin 1.       Karakteristik mesin bensin a.        Menggunakan Bahan Bakar Bensin b.       Memiliki Karburator c.        Memiliki busi d.       Terdapat Distributor e.        Tekanan kompresi 9Kg/cm2 f.        Temperatur 200o C g.       Pembakarannya Gas terbakar oleh Api dari Busi 2.       Kelebihan mesin bensin a.        Untuk akselerasi mesin jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain dapat lebih mudah dicapai. b.       Suara yang dihasilkan saat mesin mulai start hingga berakselerasi terdengar lebih halus. c.        Tingkat ...

LAPORAN KKN (KULIAH KERJA NYATA)

LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA (KKN) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 KELOMPOK B120   Dusun Rejosari, Desa Soronalan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang   Disusun dan Diajukan Guna Memenuhi Persyaratan dalam Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dosen Pembimbing Lapangan : Drs.Marwanto, M.Hum.       Disusun oleh : Nama : Nuraini Juliati NIM : 14416241050 Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Jurusan/Prodi : Pendidikan IPS/Pendidikan IPS     LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017 HALAMAN PENGESAHAN   KATA PENGANTAR   Assalamualaikum Warahmatullaahi Wabarokaatuh.             Alhamdulillah, segala puji d...